Cara Upgrade Epson T13:No chip, Indikator tinta penuh terus, Tidak reset pembuangan

Quote dedy_cha:
Saya Telah Menemukan Cara terbaru dari yang ada dipasaran, selama ini orang2 hanya bisa upgrade Epson T13 ke L100, tetapi upgrade ini tetap sia2 karna harus tetap mengisi kode tinta jika indikator level tinta telah menunjukkan habis.

Dengan Penemuan Saya ini T13 di upgrade ke s22 dengan fungsi tanpa chipset, tidak perlu reset pembuangan seumur hidup, dapat mencetak secara continues karna indikator tinta tetap full dan ada mode ultra glossy sehingga cetakan foto tidak ada noise.
Berdasarkan pantauan dimaskomputer, beberapa rekan yang menekuni jasa servis printer dikabarkan telah menemukan cara agar printer Epson T13 bisa naik tingkat sehingga indikator tinta selalu penuh dan tidak perlu reset pembuangan. Hal ini seperti yang di klaim oleh dedy_cha di suatu forum komputer.

Lalu bagaimanakah caranya? Tentu ini membuat kita penasaran.
Seperti yang pernah ditulis oleh Mr Color di suatu forum prinsipnya adalah dengan merubah dari T13 menjadi S22. Sebenarnya maksudnya adalah  merubah T13 menjadi L100 dengan cara memasukan basic printer information L100 pada T13, tapi karena TAK MAMPU melewati proteksi dan  maka jadilah type S22.
Untuk melakukan hal ini dengan cara download utility / adjustment L100 (yang beredar dipasaran / internet) lalu backup L100, ganti printer T13, restore, selesai...

Tapi ingat frekwensi piezo L100 lebih tinggi dari pada T13, dapat berakibat fatal di bagian print head.


Untuk merubah tipe T13 menjadi S22 ini menurut analisa saya tentu saja kita harus bermain-main dengan yang namanya Eeprom, suatu IC yang berisi program dasar sehingga perangkat keras bisa bekerja.
Yang diperlukan adalah program untuk membaca,menulis dan menghapus Eeprom ini.



bisa di berikan saran memakai program apa untuk memasukkan data eeprom yang sudah dirubah tersebut ke mainboard printer..

Nah lho pasti itu yang akan ditanyakan bukan? Petunjuk yang kami dapatkan dari forum seperti ini :
Pakai program yang sama seperti saat mas melakukan "pembacaan awal" printah tersebut. Karena semua "program" telah disertakan dengan fasilitas "read" , "erase" & "write".
Kalo menurut pembaca pakai program apa ya? Bila pembaca jeli di adjustment program ada menu untuk backup dan restore Eeprom. Untuk editingya coba cari program yang namanya Winhex dan sejenisnya.

Tapi ada catatan penting yang diberikan oleh Mr Color:
Bila mempergunakan adjustment program (versi kuno sekalipun yang banyak beredar baik dari type printer epson apapun seperti T13 ver 1.0 dan lainnya) disana ada fasilitas cleaning yang dapat dipergunakan untuk S22 tapi bila user lupa dengan mempergunakan menu maintenance yang ada pada driver printer (dapat didownload pada web epson.uk pilih S22) maka berakibat sangat fatal.

Masih ada beberapa langkah yang belum saya temukan, nanti akan kami muat pada artikel selanjutnya.


 

1 comments:

Anonymous said...

share data eeprom donk bos...

Keyboard Laptop

Keyboard Laptop
menyediakan keyboard laptop
 
© 2009 DIMASKOMPUTER | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan